Kawat yang digunakan sebagai bahan kontruksi adalah awal dari ditemukannya kabel sebagai alat penyalur tenaga listrik yang efektif. Lalu kawat dikembangkan hingga dapat menyalurkan tenaga listrik dan suara,sehingga dapat mempermudah aktivitasa manusia saat ini.


SEJARAH

Pada akhir 1800-an,para ilmuwan mulai menyadari bahwa kawat dapat digunakan sebagai penghantar listrik,pengembangan kawat ini memakan waktu yang lama karena para ilmuwan kesulitan dalam menemukan alat yang berguna untuk menutupi kawat tersebut. Lalu dipertengahan abad ke 19,para ilmuwan menemukan alat yang berguna untuk menutupi kawat tersebut agar aman saat digunakan sebagai kabel penghantar daya listrik. Para ilmuwan membuat kawat yang terbungkus dengan material isolasi dari karet ataupun plastik yang dapat meredam arus listrik dari kawat.

Kemudian kabel terus berkembang,dan banyak dari berbagai industri yang akhirnya membuat kabel listrik dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar daya yang mengalir pada kawat tersebut, maka semakin tebal juga kabel yang dipakai. Jika ukuran tidak sesuai maka kabel akan panas lalu terbakar.

Di abad ke 20 perkembangan kabel yang cukup modern terjadi pada saat itu,pada saat itu para ilmuwan menemukan tembaga sebagai penghantar listrik yang lebih baik,lalu tembaga dapat menggantikan alumunium sebagai bahan pembuat kawat listrik. Salah satu alasan yang menjadikan tembaga bahan pembuatan kawat listrik adalah, ketika kabel alumunium  dipanaskan maka ukurannya akan memuai dan menyusut ,hal ini dapat mengendurkan sambungan kabel dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Di zaman ini khususnya pada rumah tangga ada tiga tipe kabel listrik,yaitu kabel "fase" kabel yang berfungsi menyalurkan listrik ke peralatan,kabel "netral" kabel yang menyalurkan listrik kembali ke sumbernya, dan yang terakhir kabel " groung" kabel yang diperlukan jika pembungkus kabel listrik terkelupas. Kabel itu akan menyalurkan listrik yang tidak terkendali ke tanah karena daya tarik dari magnetik bumi.

Itulah sejarah dan perkembangan dari kabel listrik yang sering kita gunakan, Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini semoga bermanfaat dan Sampai Jumpa.

Oh ya! untuk kalian yang ingin mengetahui informasi teknologi silahkan kunjungi : Fakhrezy - Teknologi dan Tutorial Blog