Hasil gambar untuk jj thomson


J.J Thomson ia merupakan penemu elektron dengan membuktikan sinar katoda sebagai sinar yang bermuatan elektron. Namun apakah kalian sudah tahu biografi dan profil dari Thomson? Jika ingin tahu mari simak artikel biografi JJ Thomson dibawah ini.
J.J THOMSON
Joseph John Thomson lahir pada tanggal 18 Desember 1856 di Cambridge Inggris dan ia wafat pada tanggal 30 Agustus 1940. Ayah Thomson bekerja sebagai penjual buku dan Thomson sendiri kutu buku sejak kecil. Kehausan akan membaca buku menjadikan hari - hari Thomson saat remaja digunakan untuk membaca buku yang dijual oleh ayahnya.

Diumur yang ke 14 tahun Thomson diterima di Owens College( sekarang bernama Universitas Victoria Manchester), sebagai sekolah paling maju di Inggris. Disekolah ini Thomson diajari tentang fisika terapan, Thomson juga diajarkan untuk melakukan dan membuat eksperimen, tidak hanya sekadar teori.

Pada umur yang ke 20 tahun, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Trinity College  di Cambridge. Thomson adalah seorang ahli fisika dari Inggris dan meraih nobel pada tahun 1906 atas ditemukannya elektron. Elektron adalah partikel atom yang berputar mengelilingi atom dan bermuatan negatif.

Thomson berhasil membuktikan sinar katoda sebagai sinar yang bermuatan elektron, dimana juga sebelumnya pernah diteliti oleh Becquerel. Thomson juga membuat model pertama dari atom pada tahun 1904, model atom yang ditetapkannya berbentuk seperti roti kismis sehingga disebut juga atom kismis. Model atom kismis buatan Thomson hanya bertahan selama tujuh tahun karena Rutherford menyempurnakannya dan diperbaiki oleh Niels Bohr dan Heisenberg.  

Berkat kejeniusannya ia diangkat menjadi direktur laboratorium Cavendish selama kuarang lebih 35 tahun dari tahun 1884 - 1991. Ketika ia menjadi direktur, ia juga merombak laboratorium tersebut untuk tempat penelitian dibidang fisika sehingga mampu melahirkan ilmuwan - ilmuwan yang handal. Dari laboratorium inilah tercipta penemuan - penemua penting, seperti elektron, isotop, sinar alfa, beta, dan gamma.

Berikut biografi dari JJ Thomson seorang yang menemukan elektron. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini semoga bermanfaat. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.