Guglielmo Marconi, mungkin banyak orang yang tidak mengenal beliau. Namun beliaulah yang menemukan radio, untuk lebih mengetahui Marconi mari simak artikel biografi dibawah ini.

 Baca Juga: Biografi dan Profil Thomas Alva Edison

Biografi
Guglielmo Marconi
Guglielmo Marconi lahir oada tanggal 25 April 1874 di Bologna, Italia. Ia lahir pasangan Giuseppe Marconi dan Annie Jameson. Sewaktu ia muda, ia mendapatkan pendidikan dari guru privatnya. Ketika Marconi berumur 20 tahun ia mulai tertarik dengan percobaan dari Heinrich Hertz penemu gelobang Hertz. Dari percobaan Hertz diketahui ada gelombang elektromagnetik yang tak kasat mata namun bergerak dengan kecepatan udara melalui udara.

Kemudian Marconi mulai tertarik dengan hasil percobaan Hertz. Dari percobaan Hertz itulah kemudian Marconi mempunyai ide bahwa gelombang elektromagnetik dapat dimanfaatkan untuk mengirim tanda - tanda melalui jarak jauh tanpa kawat tidak seperti telegraf yang masih menggunakan kawat.

Setahun kemudian tepatnya 1895 Marconi menemukan alat untuk mewujudkan idenya itu. Alat itu dikenal dengan sebutan 'Radio', kemudian ia mendemonstrasikan radio tersebut di Inggris pada tahun 1896. Setelah mendapatkan hak paten atas radio kemudian ia membangun perusahaan dan mulai memproduksi massal radio. Kemudian radio dipasarkan pertama kali pada tahun 1898. Ditahun 1899 radio temuan Marconi sudah mampu mengirim pesan tanpa kabel kawat melalui selat Inggris. Kemudian ia terus mengembangkan dan menyempurnakan radio temuannya itu.

Baca: Biografi Nikola Tesla singkat sang penemu Listrik

Ditahun 1899 Marconi meraih hadiah Nobel atas temuannya itu. Kemudian tahun 1910, radio temuannya berhasil mengirim pesan dari Irlandia hingga ke Argentina yang berjarak 6000 mil. Ditahun 1920-an radio menjadi alat komunikasi terpopuler dan penyiaran radio dalam skala besar juga mulai berkembang ditahun ini.

Ia memiliki dua istri, yakni Maria Cristina Bezzi-Scali dan Beatrice O'brien. Dan memiliki lima orang anak, yakni Gioia Marconi Braga, Degna Marconi, Maria Eletra Elena Anna Marconi, Giulio Marconi, dan Lucia Marconi. Kemudian ia wafat pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

Baca Juga: Sejarah Handuk

Berikut Biografi dari Guglielmo Marconi si penemu Radio semoga bermanfaat ya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.