Thomas Alva Edison, Penemu, 1922, Potret
                                          



 Thomas Alva Edison beliau adalah seorang ilmuwan dan penemu, penemuan beliau yang terkenal diantaranya ada lampu pijar. Namun apakah kalian sudah mengetahui biografi dari Edison? Jika belum mari simak artikel dibawah ini.

Baca Juga: Biografi Nikola Tesla

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Semasa hidupnya ia dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dan juga penemu benda - benda penting dalam sejarah manusia.

Ketika Edison kecil ia dan keluarganya pindah ke Port Huron, Michigan. Ketika kecil Edison pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena para guru yang mengajarnya mengeluh ia sekaku mendapatkan nilai yang rendah. Akhirnya ibu Edison, Nancy Matthews Elliott(1810-1871) mengajar nya anaknya, kebetulan Nancy juga seorang guru.

Setelah Edison dikeluarkan dari sekolahnya ia tidak berputus asa, melainkan ia malah lebih banyak berkreasi. Seperti membedah hewan, ia membedah hewan karena rasa ingin tahunya yang sangat besar. Ketika Edison berusia 11 tahun ia sudah membangun laboratorium kimia sederhana dibawah ruang bawah rumahnya. Setahun kemudian ia berhasil membuat telegraf dengan model primitif.

Percobaan - percobaan terus ia lakukan dengan sabar dan usaha yang keras. Tak sedikit juga biaya yang ia keluarkan, setidaknya untuk ukuran anak remaja pada saat itu. Namun bagi dia itu bukan penghalang, untuk mendapatkan uang lebih ia pun bekerja sebagai loper koran dan permen diatas kereta api jurusan kota Port Huron dan Detroit. Ia juga membangun laboratorium kecil di salah satu gerbong kereta agar ia bisa terus berksperimen atau hanya membaca literatur. Tentu saja ia membangun laboratorium atas izin pihak perusahaan kereta api "Grain Trunk Railway".

Ditahun 1861 tejadi perang saudara anta negara bagian utara dan selatan. Edison kemudian memiliki ide untuk mencetak koran pertamanya diatas kereta api guna memenuhi kebutuhan orang akan informasi. Kemudian ia membeli sebuah alat cetak seharga 12 Dollar Amerika dan mencetak koran sendiri yang diberi nama Weekly Herald. Koran itu laku, ia pun ,mendapatkan uand 400 Dollar Amerika dalam sehari.

Tujuh tahun kemudian, Edison yang hampir tuli akibat kecelakaan mendapat pekerjaan sebagai operator telegraf di Boston. Ia masih melakukan berbagai penelitian untuk mengisi waktu luangnya. Pada tahun 1868 ia menemukan sistem interkom elektrik yang kemudian didaftarkan untuk mendapat hak paten, namun alat itu tidak laku dijual.

Kemudian dari situlah Edison terus belajar untuk membuat penemuan komersial lainnya. Ia mengembangkan stock tiker dan menghasilkan 40.000 Dollar Amerika. Uang ini ia gunakan untuk membangun perusahaan dan laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Ditempat inilah sumber berbagai penemuan Edison diciptakan, termasuk phonograph ditahun1877.

Melihat perkembangan dunia yang semakin maju, Edison sada pentingnya lampu pijar untuk kebutuhan manusia, kemudian ia pun menghabiskan 40.000 Dollar Amerika untuk membuat percobaan lampu pijar selama dua tahun. Akhirnya lampu pijar pertama menyala selama 40 jam pada tanggal 21 Oktober 1879. Ia juga menemukan proyektor untuk film - film kecil. Ditahun 1882 untuk pertama kalinya Edison memasang lampu listrik dijalan - jalan dan rumah - rumah sejauh satu kilometer di New York.

Semasa hidupnya ia pernah menikah sebanyak dua kali. Pertama dengan Mary Stilwell pada tahun 1871 dan berakhir pada tahun 1884, dan kedua bersama Mina Miller pada tahun 1886 hingga akhir hidupnya. Ia mempunya enam orang anak yaitu, Marion Estelle Edison, Thomas Alva Edison Jr, Willian Leslie Edison, Madeleine Edison, Charles Edison, dan Theodore Miller Edison.

Setelah tahun 1920-an kondisi kesehatan Edison mulai turun dan ia tutup usia pada tanggal 18 Oktober 1931 pada umur 81 tahun, ia dikenang juga sebagai ilmuwan yang paling produktif sudah 1.093 hak paten atas namanya.

Baca Juga: Mengenal Erno Rubik sang penemu Rubik

Sudah tahukan biografi dari Thomas Alva Edison sang penemu lampu pijar. Terimakasih dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.