Tungku Gas, Gas, Orange, Dapur, Di Dalam


Halo para pembaca artikel,pasti kalian sudah tidak asing lagi sama gambar benda diatas. Ya benda tersebut bernama kompor sebuah benda yang bisa mengeluarkan api dan mengatur besar dan kecilnya api,kompor ini bisa mengeluarkan api dengan bantuan sejenis bahan bakar(jika pada kendaraan),bahan bakar kompor yaitu ada minyak tanah,gas,ataupun listrik. Namun apakah kalian sudah tau sejarah asal kompor? Jika belum mari simak artikel kali ini.


SEJARAH

Bermula dari China di zaman dinasti Qin sekitar tahun 221-206/207 SM,warga disana memasak dengan tungku api yang terbuat dari tanah liat,desain tungku tersebut mirip kamado di Jepang pada periode kerajaan Kofun. Kamado sendiri mempunyai bentuk persegi yang mengurung api ditengahnya untuk menaruh panci dan mempunyai tinggi sekitar lutut orang dewasa.

Pada abad pertengahan di Eropa memasal secara terbuka dengan kayu bakar,dan berkembang dengan membuat lantai yang lebih rendah untuk memasak. Lalu dikenal dengan perapian yang tersusun dari batu. Dan panci untuk memasang digantung dengan 3 tiang diatas api,dan untuk mengatur panasnya tinggal menaikan dan menurunkan panci.

Selanjutnya kompor minyak portabel yang dikenalkan pertama kali oleh Alexis Soyer pada tahun 1849,kompor ini berbeda dengan kompor minyak lainnya jika kompor lainnya hanya menggunakan minyak yang tidak ada tekanan undaranya dan menggunakan sumbu kompor, kompor buatan Soyer ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah.

Selanjutnya ditahun 1820 kompor gas pertama kali dibuat,namun kompor gas ini masih dalam tahap eksperimen dan rahasia. Barulah kompor gas benar-benar muncul pertama kali di acara World Fair di London pada tahun 1851. Lalu ditahun 1880 kompor gas semakin dikenal oleh masyarakat luas dan beerkembang secara komersil.

Pada 20 September 1859 seorang bernama George B. Simpson yang berasal dari Washington DC,Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang ia buat menggunakan pemanas dari kumparan. Prinsip kerjanya energi listrik diubah menjadi energi panas melalui kumparan. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi ditahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan dengan kawat glass-caramic sehingga kompor tidak berbau,berasap dan ringkas.


Nah itulah sejarah tentang kompor dari masa kemasa,jadi kalian sudah tau kan sejarah asalnya benda yang suka dipakai para manusia khusunya ibu rumah tangga. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.