Nikola Tesla, Tesla, Fisika, Listrik


                                           
                                        














Nikola Tesla, ilmuwan yang membuat alat yang berguna untuk manusia, mulai dari teknologi listrik, remot kontrol, radio, dan lain - lain. Penemuan itulah yang membuatnya menjadi salah satu penemu terpenting dan salah satu teknisi terbesar dalam sejarah, namun sayangnya Tesla dilupakan ketika ia meninggal. Namanya tenggelam diantara penemu - penemu lainnya. Berikut biografi Nikola Tesla.    

Baca Juga: Mengenal Erno Rubik sang penemu rubik

Nikola Tesla
Nikola Tesla lahir pada tanggal 10 Juli 1856 di desa Smiljan, kerajaan Austria( sekarang masuk Kroasia). Ayah Tesla adalah seorang pendeta sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki bakat untuk membuat alat - alat rumah tangga dan mekanik. Tesla mengaku kemampuan berpikirnya seperti kemampuan berpikir ibunya. Ayah Tesla sebenarnya ingin Tesla menjadi tentara atau pendeta sama seperti nya, namun Tesla tidak tertarik pada kedua profesi itu. 

Tesla mulai tertarik dengan listrik ketika ia bersekolah ketika gurunya menunjukkan kegunaan listrik, pada saat itu Tesla menganggap listrik suatu fenomena yang mengagumkan dan misterius. Di usia 17 tahun Tesla terkena sakit kolera yang sangat parah. Tesla terbaring ditempat tidur selama sembilan bulan, ketika ia sakit ia berkata kepada ayahnya " Yah, kalau kamu mengizinkan aku kuliah teknik aku akan sembuh" lalu ayahnya menjawab " Kau akan masuk sekolah teknik terbaik disini nak". Benar saja tidak lama kemudian ia sembuh. Sesuai dengan janji ayahnya ia masuk kuliah teknik di Graz University of Technology.

Diawal perkuliahannya ia sangat bersemangat dan tidak sulit mendapatkan nilai bagus. Tesla tidak beristirahat mulai dari jam tiga pagi hingga jam sebelas malam bahkan hari minggu atau hari libur ia tetap belajar seperti biasa. Di tahun kedua kuliahnya mulai kacau, ia terlibat perdebatan dengan dosennya, berjudi, dan tidak dapat beasiswa. Tesla adalah seorang polyglot tidak tanggung- tanggung ia bisa berbicara dalam delapan bahasa. Tesla juga mengaku memiliki eidetic memory atau photographic memory.  Karena itu ia jarang menulis.

Ketika ia berumur 25 tahun ia pindah ke Budapest, Hungaria untuk bekerja di perusahaan telegraf. Setahun kemudian ia pindah ke Prancis dan bekerja dianak perusahaan Thomas Alva Edison. Ketika Tesla berumur 28 tahun ia pindah ke Amerika dan bekerja langsung dengan Edison. 

Ia tidak menikah hingga ia tua menurutnya pernikahan menghambatnya untuk melakukan penemuan. Dimasa hidupnya dia hanya punya beberapa sahabat diantaranya adalah Mark Twain. Ia meninggal dalam keadaan miskin, seorang diri di rumahnya.

Baca Juga: Sejarah Sempoa atau Abacus serta manfaatnya

Berikut biografi Nikola Tesla, jadi kita sudah tau biografi singkat dari Tesla. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.