Albert Einstein Dan Niels Bohr, 1925 
Niels Bohr(Kiri), Albert Einstein(kanan)

Niels Bohr mungkin bagi beberapa orang belum mengenal bahkan mendengar nama itu. Bohr merupakan pencetus teori struktur atom. Mari kita simak biografi dari Niels Bohr dibawah ini.


 Niels Bohr
Niels Henrik David Bohr itulah nama lengkap nya, ia  lahir pada tanggal 7 Oktober 1885 di Kopenhagen, Denmark. Bohr mendapat gelar doktor fisika ditahun1911 dari Universitas Copenhagen. Tak lama kemudian ia pergi ke Cambridge, Inggris. Di Inggris ia langsung belajar dibawah asuhan J.J Tohmpson ilmuwan yang menemukan elektron. Setelah beberapa bulan ia pindah lagi ke Manchester, di Manchester ia belajar pada Ernest Rutherford yang beberapa tahun sebelumnya menemukan inti atom(nucleus). Rutherford menegaskan bahwa atom umumnya kosong, dan bagian pokok yang berat pada tengahnya dan elektron luarnya. Tak lama kemudian Bohr segera mengembangkan teorinya sendiri yang baru tentang struktur atom.

Teori Bohr memperkenalkan atom sebagai miniatur planet yang mengitari matahari, dengan elektron - elektron yang mengelilingi  orbitnya sekitar bagian pokok, Bohr membuktikan bahwa elekton - elektron dalam atom hanya dapat berputar dalam orbitnya dalam ukuran spesifik tertentu. Atau dengan kata lain elektron - elektron yang mengitari bagian pokok berada pada tingkat energi(kulit) tertentu tanpa menyerap atau memancarkan energi, elektron juga dapat berpindah dari lapisan dalam ke lapisan luar jika menyerap energi. Dan sebaliknya, elektron akan berpindah dari lapisan luar ke lapisan dalam dengan memancarkan energi.

 
Bohr nikah pada tahun 1912 dengan Margrethe Norlund dan mempunyai lima orang anak, yaitu Aage N. Bohr, Erik Bohr, Hans Henrik Bohr, Ernest Bohr, dan Harald Bohr. Aage Niels Bohr adalah penerima hadiah Nobel. Bohr wafat pada tanggal 18 November 1962 diusia yang ke 77 tahun.
 
Berikut biografi dai Niels Bohr . Terimakasih telah berkunjung dan membaca di blog ini semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.