Bola, Stadion, Sepak Bola, Lapangan


Sepak Bola,salah satu olahraga yang banyak digemari diseluruh dunia,mulai dari lelaki hingga perempuan.Sepak Bola,permainan olahraga yang membutuhkan dua tim berbeda dan setiap tim memiliki 11 pemain dan beberapa pemain cadangan.  Namun Sepak Bola juga memiliki sejarah dan perkembangannya yang patut untuk kita ketahui sebagai penikmat ataupun pemain sepak bola.




SEJARAH

Sejarah sepak bola berawal dari abad ke 2 hingga abad ke 3 Masehi di China dizaman Dinasti Han, di China sepak bola disebut juga Tsu Chu. Di Jepang sepak bola dikenal dengan nama Kemari. Dan pada abad ke 16 warga Italia juga mulai menyukai sepak bola,lalu sepak bola menyebar ke beberapa negara,seperti Inggris,Meksiko,Romawi,Amerika Tengah.

Di Inggris sepak bola sempat dilarang pada tahun 1365 oleh Raja Edward 3 dengan alasan dalam permainan sepak bola ini terdapat beberapa tindakan kekerasan. Lalu ditahun 1360 Raja Edward 3 memperbolehkan kembali bermain sepak bola di Inggris. Lalu sepak bola dilarang kembali dimainkan di Inggris pada tahun 1572 oleh Ratu Elizabeth 1,dan larangan itu kembali dicabut pada tahun 1680 oleh Raja Charles 2.


Kemudian sepak bola mulai berkembang pesat hingga pada tahun 1904 dibentuklah federasi sepak bola dunia atau internasional dengan nama Federation Internationale de Football Asociation atau yang lebih kita kenal dengan FIFA. Tugas dari FIFA antara lain untuk mempromosukan sepak bola,mengadakan turnamen dan masih banyak lagi. FIFA memiliki slogan "FOR THE GAME,FOR THE WORLD".Kemudian FIFA memiliki beberapa asosiasi disetiap benua diantaranya adalah:

- UEFA Union pf Europa Football Asociation(EROPA)
UEFA didirikan pada tahun 1953 dengan beranggotakan 53 negara.

- CAF Confederation Africaine de Football( AFRIKA)
CAF didirikan pada tahun 1957 dengan beranggotakan 53 negara

- AFC Asian Football Confederation( ASIA)
AFC didirikan pada tahun 1954 dengan beranggotakan 46 negara

-CONMEBOL Confederation Sudamericana de Futbol (Amerika Selatan)
CONMEBOL didirikan pada tahun 1916 dan beranggotakan 10 negara.

-CONCACAF Confederation of North,Central American and Caribbean(Amerika Tengah & Utara)
CONCACAF didirikan pada tahun 1961 dengan beranggotakan 40 negara.

- OFC Oceania Football Confederation
OFC didirikan pada tahun 1966 dengan beranggotakan 11 negara.


SEJARAH SEPAK BOLA DI INDONESIA

Berkembang nya sepak bola di Indonesia tidak lepas juga dengan peran para pedagang dari China. Ditahun 1915 telah berdiri beberapa club bola yang didirikan oleh warga Tiong Hoa. Dengan berkembangnya sepak bola di Indonesia,didirikanlah PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. PSSI adalah federasi sepak bola yang berada di Indonesia,berdirinya PSSI tidak lepas juga dari salah satu tokoh penting ,yaitu Soeratin Sosrosoegondo. Menurutnya melalui seoak bola dapat meningkatkan rasa Nasionalisme untuk melawan Belanda. Pada tahun 1938, Soeratin memutuskan untuk tidak menggunakan bendera NIVU atau Belanda. Sepak Bola Indonesia juga sempat vakum karena Belanda berhasil diusir oleh Jepang. Dan hingga saat ini sepak bola di Indonesia terus berkembang.


Sudah tau kan sejarah dari sepak bola. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat dan Sampai Jumpa