Lensa, Kamera, Fotografi, Fotografer

Kamera bagi sobat yang suka foto-foto yang tidak suka foto-foto pasti tau gambar diatas adalah gambar apa? Ya,gambar diatas adalah gambar kamera,alat yang bisa mengambil gambar kita ataupun gambar orang lain dan pemandangan.

Namun,tahukah sobat sejarah dan perkembangan kamera tersebut,jika belum mari kita simak artikel yang satu ini.


SEJARAH

KAMERA OBSCURA

Dari sejarah yang tercatat kamera obscura(artinya ruang gelap) sudah ditemukan sekitar tahun 1000 setelah Masehi oleh seorang bernama  Al-Haitam atau yang lebih dikenal dengan nama Alhazen. Kamera ini dikembangkan dan memiliki konsep lubang kecil yang disinari cahaya dan mampu menghasilkan gambar,namun sebelum dikembangkan oleh Alhazen pada zaman sebelum Masehi telah ditemukan konsep ini oleh seorang filsuf bernama Mozi.

KAMERA DAGUERREOTYPES dan CALOTYPES

Setelah 900 tahun ditemukannya kamera Obscura ,ditahun 1837 seorang bernama Joseph Nicephore Niepce asal Perancis menemukan konsep fotografi yang praktis yang ia namakan Daguerrotypes.
Didalam sebuah kotak kecil dengan lubang cahaya,ia menambahkan plat tembaga dan perak lalu ditambahkan dengan uap yodium sehingga kamera lebih sensitif terhadap cahaya. Niepce bekerja sama dengan temannya yang bernama Louis Daguerreopytes,sebab itulah kameranya dinamakan oleh penemunya.

Setelah munculnya Daguerreopytes,seorang bernama Henry Fox Talbot menyempurnakan proses terbentuknya gambar  pada kamera  Daguerreopytes dan ia namakan Calopytes. Ia berhasil menjual Calopytes sekita tahun1840-an.

KODAK dan KAMERA FILM

Para fotografer khususnya fotografer yang lahir ditahun 90-an pasti pernam menggunakan kamera roll film didalam kamera tersebut dan kemudian bisa mencetak sebuah foto. Sebenarnya pengembangan kamera film ini sudah dimulai satu abad sebelumnya sekitar tahun 1885noleh seorang bernama George Eastman yang mulai memproduksi film kamera,dan kemudian berkembang pada taun1888 hingga 1889.

Kamera ini ia namakan dengan nama kamera kodak,dan mulai dikenalkan pada masyarakat luas sejak tahun1888. Canggihnya kamera ini hanya memiliki satu lensa fokus dan satu shutter speed. Dan oada akhir abad 19 Eastman berhasil membuat berbagai model kamera film,termasuk kamera yang berbentuk kotak dan kamera lipat.

KAMERA COMPACT dan CANON

Sejarah dan perkembangan kamera masih berlanjut dengan hadirnya kamera Compact yang diteliti oleh seorang yang bernama Oskar Barnack di Leitz. Barnack menggunakan film sebesar 35mm yang dapat menghasilkan perbesaran gambar dengan kualitas yang sangat baik.

Akhirnya ditahun 1913 terbuatlah prototipe Ur-lice,setelah beberapa kali dikembangkan,kamer Ur-Lice mulai dijual secara luas pada tahun 1923. Semenjak itu para pembeli kamera merasa puas dengan inovasi kamera ini. Dari sinilah muncul perusahaan saingan kamera Ur-Lice,yaitu Canon perusahaan yang berasal dari Jepang. Kamera yang dibuat di Jepang ini kemudian sangat populer setelah berakhirnya perang Korea yang membuat veteran Jepang membawa kamera buatan negaranya ke Amerika Serikat. Dan hingga saat ini Canon terus berinovasi dan terus memproduksi kamera-kamera yang canggih.

TLR dan SLR

TLR merupakan kepanjangan dari twin-lens reflex,sementara SLR adalah akronim dari single-lens reflex. TLR mulai dibuat oleh Franke dan Heidecke Rolleiflex ditahun1928,sementara SLR adalah perkembangan dari TLR yang diproduksi pada tahun 1933. Pada tahun 1950-an kamera SLR mulai banyak beredar dengan berbagai merk,seperti Canon,Yashica, dan Nikon.

KAMERA DIGITAL

Kamera digital dikembangkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Fuji yang menggunakan kartu memory berukuran 16 MB untuk menyimpan foto yang diambil. Kemudian kamera digital dikenalkan pada masyarakat pada tahun 1989 oleh Fuji,dan ditahun 1991 mulailah pemasaran kamera digital Kodak DCS-100 yang memiliki resolusi 1,3MP format foto pada kamera ini adalah JPEG & MPEG. Lalu kamera DSLR mulai ditemukan pada awal tahun 1999 dengan saat itu kamera yang pertama kali diluncurkan dengan nama Nikon D1,jenis kamera ini mampu mengasilkan hambar dengan resolusi yang tinggi. Hingga saat ini kamera DSLR masih banyak digunakan oleh para fotografer karena lensa kamera ini bisa dilepas dan dipasang.


Gimana udah pada tahukan sejarah nya,jadi kita tidak hanya menggunakannya tetapi juga tahun perkembangan kamera ini. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan SAMPAI JUMPA di artikel selanjutnya.


Referensi sumber :foldertekno.com