Toothbrushe, Sikat, Pasta Gigi, Menyikat


Sikat gigi merupakan alat yang sering digunakan untuk membersihkan gigi kita. Dibalik itu semua sikat gigi juga mempunyai sejarah penemuannya, mari simak artikel dibawah yang membahas sejarah dari sikat gigi tersebut.

Baca Juga: Sejarah Handuk

Dimulai sejak 3500 tahun yang lalu, kesadaran manusia untuk membersihkan gigi inilah awal dari ditemukannya sikat gigi. Bangsa Mesir dan Babilonia kala itu sudah terbiasa membersihkan gigi dengan ranting kayu yang dipercaya mengandung antiseptik. Cara penggunaanya adalah salah satu ranting kayu digigit hingga lama kelamaan serat kayu membentuk seperti bulu sikat, bulu sikat itulah yang disikat ke gigi dan sela-sela gigi.

 Cara tersebut terus menyebar hingga ke Arab, sampai saat ini orang Arab masih menggunakan ranting kayu untuk menyikat gigi mereka, ranting tersebut berasal dari kayu siwak.

Pada abad ke 15 orang Tiongkok sudah membuat sikat gigi dari bulu binatang yang dipasangkan pada stik bambu. Sikat gigi ini terus berkembang dan dikenalkan ke Eropa.

Pada tahun 1780 seorang dari Inggris yang bernama William Addis membuat sikat gigi dari tulang dan bulu hewan. Penemuan tersebut menarik perhatian banyak orang sehingga William berani untuk menjual dan memproduksi massal sikat gigi tersebut. Namun ia mengalami kesulitan untuk mendapatkan tulang, maka dari itu ia menggantinya dengan plastik. Inilah awal terviptanya sikat gigi modern.

Pada tahun 1937 Wallece H.Carohers menciptakan bulu sikat dari bahan nylon di laboratorium perusahaan industri kimia yaitu Du Pont. Perpaduan gagang plastik dan bulu dari nylon sebagai bahan membuat sikat gigi hingga saat ini.

Namun sikat gigi terus berkembang hingga ada sikat gigi dengan banyak jenis, mulai dari yang bulunya halus hingga bulunya yang kasar dan desain gagang sikat gigi juga memiliki beberapa bentuk.


Berikut sejarah dari sikat gigi, alat yang sering kiita gunakan. Terimakasih telah membaca dan berkunjung di blog ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.