Besi, Setrika, Pekerjaan Rumah Tangga

Setrika sudah menjadi salah satu alat rumah tangga yang wajib ada,karena setrika ini memiliki peran serta kegunaan nya untuk merapihkan pakaian kita. Namun apakah sobat sudah tau tentang sejarah dari setrika ini? Jika belum mari simak artikel ini.

baca juga: Sejarah dan Perkembangan ikat pinggang atau sabuk celana

SEJARAH

Setrika sudah ada sejak tahun 400SM di Yunani,disaat itu setrika digunakan untuk merapihkan lipatan vertikal pada pakaian kebesaran. Lalu di Roma setrika dikenal dengan nama preleum,pada saat itu preleum menggunakan teknik penekanan dalam menggunakannya. Di China juga sekitar abad ke 1SM,dan setrika memiliki bentuk yang mirip dengan setrika zaman sekarang.

Sekitar awal abad ke 17 di Inggris ditemukan setrika dengan nama sebutannya pada saat itu ialah sadiron yang berasal dari bahasa Inggris kuno. Setrika ini mempunyai bentuk logam tebal dan rata dibagian permukaan bawah dan dibagian atas diberi pegangan.

Lalu ditahun 1870-an seorang ibu rumah tangga yang bernama Mary Florence Potts sedikit memodifikasi sadiron dan membuat sadiron berbentuk runcing dikedua ujung nya dan menambahkan pegangan yang bisa dilepas,kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

                          Besi, Pekerjaan Rumah, Anggaran, Tua


baca juga: Sejarah dan Perkembangan celana Jeans hingga Levi's

Ditahun 1882 muncul lah generasi pertama dari setrika listrik dan sudah dipatenkan,namun dizaman ini setrika listrik belum begitu populer karena aliran listrik belum tersebar begitu luas. Barulah di awal abad ke 20 setrika listrik mulai dikenal seluruh dunia,dan ditahun 1920 setrika mulai dilengkapi dengan beberapa komponen diantaranya ada thermostat yang berfungsi untuk mengontrol suhu panas pada setrika.



Berikut setrika yang pernah ada di Indonesia

Setrika kuno,setrika ini sama saja dengan setrika pada awalnya yang menggunakan logam tebal dan gagang untuk pegangannya. Dan sumber panas setrika ini dari arang yang dimasukkan kedalan badan setrika.

Setrika listrik,setrika yang sumber panasnya berasal dari listrik yang dialirkan melalui lilitan kawar. Dan cara menggunakannya pun praktis tinggal dicolokan pada stopkontak lalu setrika akan panas dalam beberapa saat.

Setrika listrik otomatis,setrika ini adalah perkembangan dari setrika listrik,namun setrika ini memiliki thermostat yang otomatis dapat mengendalikan suhu panas setrika.

baca juga: Sejarah dan Perkembangan topi di dunia

Sudah tau kan sejarah dan perkembangan setrika dari masa ke masa hingga setrika di Indonesia. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat dan Sampai Jumpa.



SUMBER REFERENSI:perawatanrtdonto.blogspot.com