Langit, Bintang, Planet, Ruang, Bulan  



 Nama-Nama Planet yang ada di Tata Surya - Secara harfiah planet merupakan suatu benda langit yang mengelilingi bintang(matahari) dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Di tata surya kita terdapat 8 planet yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Mau tahu? Mari kita cari tahu!

Baca Juga: Manfaat positif dari membaca yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari

1. Merkurius
Planet yang pertama sekaligus planet yang paling dekat dengan matahari yaitu Merkurius. Planet ini berwarna abu-abu berdiameter 4.879 km, terdiri dari 70% logam dan 30% silikat, dan memiliki jarak 57 juta km dari matahari

2. Venus
Kemudian planet yang terdekat kedua setelah Merkurius adalah Venus. Venus sering disebut sebagai bintang fajar atau bintang senja dan Venus sering muncul di pagi dan sore hari. Planet ini berwarna putih kekuningan, berdiameter 6.052km, memiliki rotasi yang berlawanan dengan planet lain, dan berjarak 108 juta km dari matahari.

3. Bumi
Bumi planet yang kita tinggali saat ini berada diposisi planet ketiga yang paling dekat dengan matahari. Planet yang berwarna biru kehijauan merupakan planet yang paling indah dan nyaman untuk dihuni. Bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan. Bumi berdiameter 12.742 km dan memmiliki 149,6 juta km dari matahari. Bumi memiliki satelit alam yaitu Bulan.

4 Mars
Berikutnya Mars ,planet yang sering disebut planet merah ini karena memang planet ini memiliki permukaan yang berwarna merah. Planet ini terdiri dari karbon dioksida 95,3%, nitrogen 2,7%, argon 1,6 %, oksigen 0,15%, dan air 0,03%. Jarak antara mars dengan matahari adalah 227 juta km dan planet ini berdiameter 6.779 km. Dan memiliki 2 satelit alam yaitu Phobos dan Demos

5. Yupiter
Yupiter adalah planet terbesar yang ada di tata surya kita. Memiliki warna orange dan putih yang tampak berlapis, memiliki jarak dengan matahari sebesar 778,55 juta km, berdiameter 14.890 km, dan memiliki satelit alam terbanyak di tata surya, yaitu sebanyak 67 satelit.

6. Saturnus
Saturnus satu-satunya planet di tata surya yang memiliki cincin yang mengelilingi planet ini, cincin planet ini terbuat dari gumpalan-gumpalan es yang mengelilingi atmosfernya. Planet ini berwarna kuning pucat, jarak saturnus dengan matahari yaitu 1,4 milyar km, planet ini berdiameter 116.463 km, dan memiliki 56 satelit alam.

7. Uranus
Uranus planet berwarna biru muda sekaligus planet terdingin yang ada di tata surya dengan suhu mencapai -224 derajat celcius. Memiliki cincin unik yang melingkari uranus secara vertikal, uranus berdiameter 50.724 km, dan memiliki satelit sebanyak 27 satelit alam.

8 Neptunus
Planet terjauh dari matahari, yaitu neptunus. Neptunus mempunyai warna biru, memiliki jarak dengan matahari sejauh 4,5 milyar km, berdiameter 49.530 km, memiliki 8 satelit alam, diantaranya ada Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

Baca Juga: Sejarah koran di dunia hingga ke Indonesia

Berikut nama-nama planet yang ada di tata surya kita semoga bermanfaat dan menghibur. Terimakasih telah berkunjung jika kalian suka dengan artikel atau blog ini silahkan sukai halaman facebook kami "Ceritaduniabersama" atau klik logo facebook diatas kanan atau bisa follow blog ini. Sampai Jumpa diartikel selanjutnya.