Hasil gambar untuk james chadwick

James Chadwick
James Chadwick lahir di Cheshire, Inggris pada tanggal 20 Oktober 1891. Setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas Chadwick kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Manchester pada tahun 1908 dan lulus dari Honor School of Physics pada 1911. Dua tahun kemudian ia belajar bersama Professor Rutherford di laboratorium fisik di Manchester. Di laboratorium itu Chadwick mengerjakan berbagai masalah tentang radioaktif yang kemudian membuatnya mendapatkan gelar master pada tahun 1913.

Baca Juga: Biografi Niels Bohr

Pada tahun yang sama ia mendapatkan beasiswa dari The 1851 Exhibition Scholarship, sebuah lembaga kerajaan yang sering melakukan pameran internasional. Ditahun 1919 ia berhasil menghancurkan atom dengan cara memborbardir nitrogen dengan partikel alfa, memakai emisi proton.

Di Cambridge, Chadwick bergabung dengan Rutherford untuk menyelesaikan transmutasi elemen ringan lainnya dengan pengeboman partikel alfa. Bersamaan dengan itu, ia menyusun studi tentang sifat dan struktur inti atom. Tahun 1925 ia menikah dengan Aileen Stewart-Brown. Dan mereka memiliki anak perempuan kembar.

Chadwick banyak menulis makalah tentang topik radioaktif yang ia terbitkan juga. Bersama Rutherford dan Charles Drummons Ellis Chadwick menulis buku mengenai radiasi dari zat radioaktif yang berjudul Radiation from Radioactive Substances(1930).

Chadwick tutup usia diumur yang ke 82 pada tanggal 24 Juli 1974, Cambridge, Cambridgeshire, Inggris.


Sekian biografi dari James Chadwick semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan membaca di blog ini dan sampai jumpa