Hasil gambar untuk james watt 

James Watt
James Watt lahir pada tanggal 19 Januari 1736 di Greenock, Skotlandia. Ayah James adalah pemilik kapal dan seorang kontraktor, sedangkan ibu James Agnes Muirhead lahir dari keluarga berpendidikan dan keluarga terhormat. Ketika masih sekolah, James bersekolah sangat tidak teratur dan ia lebih banyak mendapatkan pendidikan dirumah oleh ibunya. James menunjukkan bakan yang luar biasa untuk ilmu pasti seperti matematika, walaupun bahasa Latin dan Yunani tidak menggerakan hatinya dan James juga menyukai cerita rakyat dan legenda Skotlandia.

Ibunya meninggal ketika ia berumur 18 tahun kemudian kesehatan ayahnya juga mulai menurun, kemudian James pergi ke London, Inggris untuk melanjutkan study nya tentang pembuatan instrument dan peralatan selama setahun. Kemudian ia kembali lagi ke Skotlandia dengan tujuan membuat bisnis sendiri pembuatan instrumennya. Namun karena ia tidak menyelesaikan tujuh tahun studynya sebagai apprentice yang artinya 'murid yang bekerja sambil belajar' maka permohonan bisnis nya terhambat.


Dibantu oleh tiga orang professor di Universitas Glasgow, James akhirnya diberi kesempatan untuk membuka workshop(bengkel) kecil di Universitas. Empat tahun kemudian James melakukan uji coba dengan uap setelah temannya, Professor John Robinson membuat ia tertarik pada mesin tersebut.

Ketika itu James sama sekali tidak mengoperasikan mesin uap itu, tetapi James tetap berusaha untuk membuat model satu mesin, walaupun gagal James tetap melanjutkan percobaannya. Kemudian pada tahun 1765 ia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik. Untuk menghargai jasanya dalam mengembangkan mesin uap yang memicu revolusi industri, nama Watt dijadikan sebagai satuan energi dengan simbol W oleh International System of Units atau' SI' yang kita kenal.


Berikut biografi dari James Wattt semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca dan berkunjung di blog ini dan sampai jumpa diartikel selanjutnya